Judge Pau

This conversation is closed.

TED dan Globalisasi

Dari video-video yang anda saksikan dan event-event yang pernah anda ikuti apakah TED pantas kita anggap sebagai fenomena globalisasi umat manusia ? Atau dia hanya bentuk lain dari upaya memperluas "globalisasi" dunia barat ?

  • thumb
    Jun 20 2011: Gabisa dipungkiri sih kalo saat ini "dunia barat" lah yg emang maju. But given that Chris Anderson himself spent his childhood in rural area in Pakistan, I don't think so. Justru yg saya liat, dunia malah bergerak ke arah timur. Fenomena2 yang berbasis komunal seperi micropayment, community & fair trade, ethical business, dll itu banyak menganut nilai2 filosofi timur.

    Nah, masa depan cerah yang saya bayangkan malah ketika "barat" dan "timur" ini bukanlah sesuatu yang harus selalu dipertentangkan atau dikontraskan. Karena masih sama2 manusia kan?
  • thumb
    Jun 20 2011: Saya lebih setuju bahwa ini globalisasi umat manusia.
    Namun, ini hanyalah bagian kecil dari makna Globalisasi, seperti yang diutarakan pk wibowo.
    globalisasi itu nyata bukan saja dalam pergerakan seperti TED, namun dalam
    1. tki
    2. terorisme di indonesia
    3. sepatu kita dibuat dimana?
    4. Siapa pemiliki telkomsel?
    5. dan seperti briptu
    yang merupakan globalisasi dr barat itu lebih nampak pada generasi MTV/McD
  • thumb
    Jun 17 2011: Berita tentang chaya-chaya briptu Norman tempo hari sampai juga di Prancis (tahu dari teman saya)... apakah itu artinya, telah terjadi fenomena "globalisasi umat manusia" (not sure what this means though)?... Atau dia hanya bentuk lain dari upaya memperluas "globalisasi" bollywood? :-)

    'Globalisasi' is an overused word. If something good happens and it spreads like wildfire across the globe... it can only mean good for mankind as a whole... but as is with most anything else... generalization doesn't help much. Always look at it critically on a case by case basis... imho.
    • thumb
      Jun 19 2011: Sayangnya bro Bowo....
      Sebagai orang Timur (yang konon juga konsep yang mulai dianggap kuno), generalisasi itu budaya bangsa. Keluarga tidak dinilai anggota per anggota tapi keseluruhan. Satu pernah dipenjara rusak nama satu keluarga. Saya tidak bilang ini lebih baik atau tidak. Saya bahkan tidak klaim sebaiknya ini didukung apa tidak. Saya hanya mau tunjukkan ini fakta yang tidak bijaksana diabaikan begitu saja.
      Setuju sekali bagaimana orang harus mulai paham makna kata dan bagaimana memaknainya. Memang kuncinya ada di bahasa.
      Karenanya saya ingin ini jadi wacana... dibicarakan... didiskusikan. Harapan saya apa yang bisa dibaca disini berguna buat yang muda-muda untuk bagaimana menyikapi zaman sambil mempertahankan jati diri.